Hari Pertama Sekolah Guru Tambah Libur Disanksi

Hari Pertama Sekolah Guru Tambah Libur Disanksi

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Masa liburan sekolah sudah berakhir, dan hari ini, Senin (16/7) adalah hari pertama sekolah. Diawali dengan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Untuk mengetahui kedisiplinan sekolah pasca libur panjang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah guna mengetahui apakah masih ada sekolah yang menambah libur atau malah sebaliknya.

“Besok (Senin) semua sekolah mulai masuk lagi, dan hari pertama masuk. Sekolah tetap akan kita Sidak untuk mengetahui apakah ada yang melanggar aturan,” kata Kepala Dispendik Kaur, Three Marnope MTPd, kemarin (15/7).

Dikatakannya, pihaknya mengharapkan jika pendidikan dilaksanakan tepat waktu, semua ketentuan dan aturan harus dilaksanakan oleh semua pelaksana pendidikan, baik guru maupun siswa di semua sekolah. Jika dihari pertama sekolah ada yang tidak masuk sekolah tanpa ada alasan yang jelas, ia akan memberikan sanksi terhadap oknum tersebut.

“Kita berharap semua sekolah melaksanakan kewajibannya, sebagaimana tugas guru, ya mengajar dan siswa mengikuti proses pendidikan. Kalau tidak hadir tanpa keterangan, apalagi mereka guru, akan kita beri sanksi,” terangnya.

Ditambahkannya, nanti pihaknya meminta para orang tua mengantarkan anak masing-masing ke sekolah pada hari pertama masuk sekolah, Senin (16/7). Sebab ini bertujuan untuk memperkuat interaksi mereka dengan guru dan lingkungan pendidikan formal anak. Juga ini sesuai dengan imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya. “Hari pertama ini minta pada orangtua untuk mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah, ini agar terjadi interaksi antara orang tua dengan guru dan lingkungan sekolah anak-anak mereka,” pungkasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: